Apresiasi Kolaborasi Operator Telekomunikasi, Menteri Johnny: Infrastruktur Digital Lebih Siap

Apresiasi Kolaborasi Operator Telekomunikasi, Menteri Johnny: Infrastruktur Digital Lebih Siap

Indonesia akan membuktikan kemampuan dari persiapan panjang dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan keyakinan itu setelah menyaksikan kolaborasi operator telekomunikasi yang membuat dukungan infrastruktur digital untuk gelaran olahraga kali ini lebih siap. Menkominfo juga mengajak semua pihak mengenalkan Indonesia kepada komunitas internasional lewat MotoGP Pertamina Mandalika 2022.

“Saya baru saja mengunjungi NOC (National Operation Center) Telkom Group untuk memeriksa kesiapan dukungan infrastruktur telekomunikasi. Saya menyaksikan bagaimana kolaborasi baik dari mereka untuk mendukung MotoGP.  Backbone atau jaringan tulang punggung telekomunikasi jauh lebih siap dibanding dengan event sebelumnya,” jelas Menteri Johnny dalam Doorstop Interview di Media Center Indonesia MotoGP 2022, Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu (20/03/2022). 

Menkominfo menyatakan cakupan jaringan telekomunkasi 4G dan 5G di sekitar Sirkuit MotoGP Pertamina Mandalika memiliki kecepatan upload sampai dengan 100 Mbps dan download antara 25 sampai 35 Mbps untuk jaringan 4G.  

“Secara khusus untuk mendukung Mandalika, ada tiga operator yang bekerja saling berkolaborasi yaitu Telkom grup, XL Axiata dan indosat.  MotoGP didukung dengan coverage 4G dan 5G. (Jaringan) 5G juga sangat cepat, upload sampai dengan 788 Mbps dan download 127 Mbps. Ini hasil dari speedtest setiap hari yang dilakukan,” tuturnya. 

Guna mendukung kebutuhan akses jaringan telekomunikasi, Kementerian Kominfo juga menyediakan spektrum frekuensi radio khusus sebagai  tambahan. “Baik untuk 3,5 GHz maupun yang 26 GHz untuk 5G. Saya berharap akan lebih siap dan lebih lancar pada hari ini. Semoga penyelanggaraan ini bagus,” harap Menteri Johnny. 

Menurut Menkominfo, operator telekomunikasi juga meminjamkan spektrum frekuensi radio 2,3 GHz khusus untuk mendukung layanan 5G di area Mandalika. 

 

 

“Sisi kesiapan infrastruktur TIK saya melihat kontribusi dan kerjasama yang kuat dari operator seluler maupun operator jaringan hasilnya cukup baik dari speed test tersebut,” tandasnya. 

Menteri Johnny mengapresiasi kolaborasi industri telekomunikasi Indonesia. Bahkan mengharapkan kolaborasi itu juga berlangsung dalam mendukung sektor pariwisata serta kebutuhan transformasi digital nasional.

“Maka tidak saja tentang MotoGP-nya atau kepariwisataannya tetapi ini juga terkait industri telekomunikasi dan digital nasional kita. Sehingga memang koordinasi dan kerjasama yang dibangun selama ini,” ungkapnya. 

Menkominfo berharap pengalaman kolaborasi ini akan menyukseskan gelaran olahraga internasional kali ini. “Mudah-mudahan yang kita lakukan ini memberikan pengalaman tersendiri untuk memberikan dukungan yang kuat kepada suksesnya penyelenggaraan MotoGP,” harapnya.

Kenalkan Indonesia

Menurut Menkominfo, pekerja media juga bisa memanfaatkan faslitas Media Center Indonesia (MCI) MotoGP 2022. ”Saya berharap media center ini memberikan layanan yang baik bagi rekan media dalam melaksanakan pekerjaan pelaporan reportase pengiriman data mereka. Saya juga berharap berita itu memberikan kabar gembira bagi masyarakat kita,” tuturnya. 

Menteri Johnny mengharapkan melalui liputan yang disajikan pekerja media, Indonesia akan lebih terkenal di kalangan masyarakat dunia. 

“Dan memperkenalkan Indonesia untuk masyarakat dunia, baik di bidang motosport dunia maupun pecinta dari masyarakat lokal kita.  Sehingga ada keyakinan, kepercayaan dan daya tarik sehingga event berikutnya tetap berjalan dengan baik,” ungkapnya. 

Menkominfo menyatakan MCI MotoGP 2022 dilengkapi dengan akses internet cepat sampai 100 Mbps. 

“Sehingga ini experience yang baik untuk mendukung pekerjaan teman-teman wartawan. Namun, jika terdapat traffic yang tinggi harap maklum. Kita saat ini mencoba mengatur bandwidth yang memadai tetapi sumberdaya kita harus pahami selalu ada batasnya,” ujarnya. 

Menurut Menteri Johnny, pekerja media juga bisa menyaksikan siaran langsung pertandingan balap motor dari MCI MotoGP 2022.

“Hari ini mudah-mudahan ada 100 dari rekan media yang akan menonton ke sana nanti. Bagi yang tidak bisa nonton ada di belakang di screen yang memadai di dalam media center,” tuturnya. 

Menkominfo mengapresiasi kerja media dan wartawan dalam medukung event internasional itu. Menteri Johnny mengharapkan kolaborasi yang kiat erat untuk menyukseskan MotoGP 2022. “Kerja sama rekan-rekan media akan menentukan kita sebagai satu tim yang kuat untuk memberikan yang terbaik sesuai fungsi kita untuk suksesnya MotoGP 2022,” ungkapnya.

Saat memberikan penjelasan kepada pekerja media, Menkominfo  didampingi Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementerian Kominfo, Ismail; Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kansong; dan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo, Anang Latif.

Hadir pula Direktur Utama Telkom Indonesia Rirek Adriansyah, Direktur Teknologi XL Axiata I Gede Darmayusa; dan Direktur Informasi dan Komunikasi Publik Perekonomian dan Marritim Ditjen IKP, Septriana Tangkary. 

Admin Citra Nusantara

Penulis: Admin Citra Nusantara


Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil CITRA NUSANTARA

Citra Nusantara adalah media berita online Indonesia yang menyajikan berita terbaru di seluruh indonesia, kebanyakan media online di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media, Tetapi kami adalah masyarakat yang ingin membangun nusantara melalui sebuah berita. Citra Nusantara bukanlah yang pertama bergerak di bidang media portal online , tetapi kami yakin akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk [...]

Facebook

Instagram