BRIN dan US Department of Energy Bahas Peningkatan Peralatan Sistem Proteksi Keamanan Fasilitas Nukl

BRIN dan US Department of Energy Bahas Peningkatan Peralatan Sistem Proteksi Keamanan Fasilitas Nukl

Serpong – Humas BRIN. United States Department of Energy (USDoEOffice of Radiological Security mengunjungi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk melakukan pemantauan peralatan sistem proteksi fisik keamanan fasilitas nuklir milik BRIN yang berada Serpong, Bandung dan Yogyakarta. Kunjungan dilaksanakan selama 5 hari (3 - 7/10) diterima oleh Direktorat Pengelolaan Fasilitas Ketenaganukliran (DPFK) – BRIN.

Perwakilan dari USDoE, Jeffrey F. Jarry mengatakan kehadiran USDoE Office of Radiological Security ke BRIN adalah untuk melihat kondisi peralatan sistem proteksi fisik keamanan fasilitas nuklir di BRIN serta menyatakan kesiapannya untuk membantu apabila dibutuhkan.

“Kami hadir untuk melihat peralatan tersebut. Apabila dibutuhkan perbaikan, penggantian alat maupun pelatihan terkait sistem keamanan nuklir, maka kami siap membantu dan mendanai,” ujar Jarry.

“Pelatihan yang dapat kami adakan yaitu terkait sistem keamanan nuklir yang melibatkan pihak pelaksana dari BRIN sendiri, polisi, militer, maupun pihak regulator,” lanjutnya.

Jarry mengungkapkan beberapa hal yang menjadi target pemantauan diantaranya peralatan keamanan seperti kamera, sensor maupun akses kontrol yang difungsikan untuk mengamankan zat radioaktif.

“Dengan mendapatkan gambaran dari kunjungan ini maka dapat direncanakan peningkatan kerja sama keamanan nuklir ke depan serta pengembangan peralatannya,” katanya.

Mewakili Direktur DPFK - BRIN, Dicky Tri Jatmiko selaku Koordinator Pelaksana Fungsi Keselamatan dan Keamanan Reaktor RSG - GAS DPFK menyambut baik dukungan USDoE terkait keamanan fasilitas nuklir di BRIN.

“Pada prinsipnya manajemen organisasi kami BRIN, akan mendukung segala upaya yang dilakukan baik oleh International Atomic Energy Agency (IAEA, red.) maupun USDoE untuk mendukung pengoperasian ketenaganukliran. Baik berupa pelatihan, pengadaan peralatan, maupun teknologi yang baru dari kegiatan proteksi fisik yang akan digunakan,” ujar Dicky.

Dicky juga menyampaikan bahwa jika BRIN diberikan informasi terkait teknologi baru maka BRIN akan mendukung dengan menyediakan dana yang cukup. “Kita ada beberapa kerjasama dengan IAEA yang meliputi kegiatan penilaian IAEA untuk keselamatan reaktor. Kita mampu menggunakan dana yang kita miliki untuk mendukung sharing cost kegiatan tersebut maupun pengadaan revitalisasi peralatan,” katanya.

Pada kesempatan terpisah, Koordinator Pelaksana Fungsi Pengamanan Nuklir - DPFK, Teguh Asmoro mengungkapkan kondisi peralatan sistem proteksi fisik keamanan fasilitas nuklir di BRIN saat ini yang masih berfungsi dengan baik.

“Hasil pengecekan hari ini peralatan sistem proteksi fisik sebagian besar berfungsi dengan baik. Ada beberapa yang perlu diupgrade atau diganti karena rusak dan tidak berfungsi lagi,“ jelas Teguh.

Pengamanan fasilitas nuklir di BRIN berpedoman pada ketentuan standar pengamanan internasional untuk pengamanan fasilitas nuklir di dunia, seperti Standar Penyelenggaraan Sistem Proteksi Fisik berdasarkan peraturan regulasi instalasi nuklir dari BAPETEN dan IAEA.

BRIN terus melakukan kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka menjaga keamanan dan keselamatan kawasan dan fasilitas nuklir di Indonesia. Salah satunya dengan menjaga hubungan baik dengan pihak militer, yaitu dengan satuan Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Darat (TNI-AD) untuk penyelenggaraan keamanan fasilitas nuklir dan penanggulangan kedaruratan nuklir, dalam hal ini dengan Kompi Zeni Nuklir Biologi dan Kimia (NUBIKA) TNI-AD (IS,la/ed.my).

Tags: teknologi
Arvin Fasya

Penulis: Arvin Fasya


Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil CITRA NUSANTARA

Citra Nusantara adalah media berita online Indonesia yang menyajikan berita terbaru di seluruh indonesia, kebanyakan media online di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media, Tetapi kami adalah masyarakat yang ingin membangun nusantara melalui sebuah berita. Citra Nusantara bukanlah yang pertama bergerak di bidang media portal online , tetapi kami yakin akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk [...]

Facebook

Instagram